Friday, April 11, 2008

Malaysian Law....

ok..another interesting story bout this damn country...:D
jadi gini..kira2 sekitar 2bulan yang lalu saya kena razia di deket rumah..naah kebetulan waktu itu motornya gada road tax(STNK)..yaah sial deh..ketahan juga jadinya..trus akhirnya polisinya ngomong.. "kmu ada dua kesalahan..yg pertama gada stnk trus satu lagi gada asuransi..nanti kamu disidang tanggal 8april08" (dengan bhs.melayu tentunya..tapi menimbang bhs.melayu yg ga enak didenger jadi saya translate..:P) naah dsini komentar pertama..di indo klo kita ditilang kita berlomba2 pengen dsidang tapi polisinya pengen damai..tapi dsini lain..polisinya pengen disidang tapi kitanya pengen damai aja..hehe..tapi berhubung dsini ga bisa damai2an..akhirnya saya pasrah aja harus disidang..:sad: trus ternyata tilang itu bukan disitu aja..kebetulan motor yg saya pake blom saya ganti menjadi nama saya..jadinya pemilik motor yang lama juga kena tilang..kesalahan dia tuh : 1. membiarkan orang membawa motornya tanpa STNK 2. membiarkan orang membawa motornya tanpa asuransi damn...ada2 aja hukum di negara ini..masa dia juga bisa kena tilang??jadi otomatis gw harus bayarin tilang dia juga dunk..:sad::sad: akhirnya tanggal 8april karena waktu sidangnya pagi jam 8.30(7.30WIB)..terpaksa saya harus begadang..soalnya penyakit gabisa bangun paginya takut kambuh..hehe..lagian ini sidang perdana saya..:p...jam 6.30 saya udah janjian ketemuan sama pemilik motor yg lama..trus akhirnya kita meluncur langsung ke pengadilan di putrajaya..bukan pertama kali sih ksini..tapi saya selalu terkagum2 klo pergi ke daerah ini..bagunan2nya yang bagus dan disusun dengan sangat tertib..harusnya jurusan planologi di indonesia PKLnya dsini aja..hehe..trus kita nyampe jam7.30 aja..kecepetan satu jam..alhasil mati gaya de saya bersama di pemilik motor yang lama..ga ada topik yg dibicarain..sesama cowo gtu..tapi bisa mati gaya..hehe..untungnya saya membawa teman saya..jadi dia yg mati gaya sendirian..saya masih bisa mencari gaya lain..:P setelah lama menunggu akhirnya jarum jam nunjukin jam 8.30(finally..)trus kita daftar dulu sebelum disidang..rasa tegang udah cukup menghantui pada saat itu..gila kayanya cuma saya doank orang indonesia dsini..bisa2 ganyang indonesia terjadi dsini..hehe..trus pas udah daftar kita pergi ke ruang sidang..pas nyampe ruang sidang..MAMPUS!!..kirain sidang tuh cuma di meja doank..face to face ma polisi gtu..trus kita jelasin kesalahan kita...TERNYATA TIDAAKK!! beneran kaya pengadilan2 yg di tipi gtu..ada banyak orang yang bermuka jurusan hukum..ada jaksa,juri dll..pas dsitu ketegangan saya tidak bisa disembunyikan..muka pucat,kepala pusing,mata kunang-kunang,kaki dan tangan bergetar kecil,hidung meler,dan darah mulai keluar lewat telinga,hehe..trus akhirnya kita duduk di kursi penonton sebelum dipanggil..tiba-tiba ada polisi yang memerintahkan kita semua untuk berdiri bertanda hakimnya datang.. terereeng tereeeeng tereeengg priiittt.... eeeh,pas liat hakimnya saya malah merasa janggal..hakimnya masih muda banget..kaya tampang fresh graduate gtu..padahal jaksa juri dan yg lainnya dah pada berumur semua..jadi mulai merasa ini hanya sebuah permainan..hehe..kemudian tersangka lain yg mempunyai kasus sama seperti saya mulai dipanggil satu-satu ke depan..saya minta ke temen saya supaya saya direkam pake hp pas saya ke depan nanti..biar ada kenangan..hehe..tapi untungnya sebelum ngeluarin hp..ada hp orang lain yg bunyi di ruangan itu..trus didatengin polisi n hpnya diambil..katanya hp tidak diperbolehkan selama sidang berlangsung...waah gempor(kaget bercampur takut dalam bhs sunda) aja kita..jadinya ga jadi direkam de pas gw ke depan huhhu..trus tiba2 ada yg nyebut ARICKO KHENA KABAN...deeegg!!nama saya kepanggil... jaksa : "pada tanggal 6-2-08 seorang yang bernama aricko khena kaban membawa motor di daerah xxx tanpa membawa STNK dan asuransi..apakah anda mengaku bersalah?" saya : "iyah sayah mengaku bersalah.." jaksa : "apa ada apa2 yg mo disampaikan ke hakim?" saya: "sayah minta denda dikurangin.." hakim: "kesalahan pertama denda 100rm klo ga sanggup bayar masuk penjara 10 hari..kesalahan kedua denda 100rm klo ga sanggup bayar masuk penjara 10 hari!" saya: "aah dikurangin koq cuma segitu!!pelit amat lw hakim!!aah ee lw!!emng gw boker duit apa???(becanda..becanda..gw cuma jawab "OK" aja pas pertanyaan ini..hehe)" (dengan bhs.melayu lagi tentunya..tapi kembali menimbang bhs.melayu yg ga enak didenger jadi saya translate..:P) fiiuhh..beres juga sidangnya...hahahaha...ga heboh yaa..ga ramee...heheh..tapi klo heboh saya juga takut sih...hahaha...akhirnya saya bayar 400rm deh sekalian bayarin si pemilik motor yg lama..1rm=rp.2800 hhmm..klo mo dibandingin ma indo gimana yaa...gatau harus bangga atau gimana sama negara kita..di indo klo gabawa STNK trus ngajak damai..max 50rb jg udah beres..tapi dsini saya ngeluarin duit lebih dari rp.1jt! brapa kali lipat itu bedanya...tapi emng prosedurnya kaya gtu..duit yg kita kasih jelas masuk ke kas negara..bukan masuk ke kantong polisi yg berperut buncit..hehe..yaah indonesia indonesia..tanya kennnnaapaaa??? ps:tapi saya merasa sangat berat untuk bayar duit itu..secara gtu sejuta..bisa beli "krip-krip" berapa tuh klo di indonesia..hehe..tapi selain itu..duit saya masuk ke kas malaysia!!huhhu..makin kaya aja ini negara..klo disidang di indo sih ga begitu kesel kali..abis bisa bantu negara juga..hehe..ikhlasin rikoo...ikhlaas...rejeki mah ga kmana...betull???

No comments: