Thursday, May 1, 2008

rumah saya...

saya mempunyai 2 rumah.. setiap satu rumahnya mempunyai karateristik tersendiri... dsini saya akan coba mendeskripsikan rumah rumah itu sebisa mungkin menurut pandangan saya sendiri.. seorang mahasiswa yang masih buta..
Rumah Pertama rumah ini mempunyai suasana yang menyenangkan, dimana setiap anggota keluarganya memiliki hubungan yang erat antara satu sama lain, toleransi terlihat secara gamblang di rumah ini. meskipun rumah ini luas namun semua anggota keluarganya mampu hidup secara harmonis di dalam satu atap. persatuan... itu yang mereka koarkan dan banggakan, tapi penghuni rumah itu bukan hanya mereka. banyak binatang pengerat yang hidup di rumah itu. mereka bersarang..mereka berkoloni..mereka bersembunyi... Meskipun rumah ini mempunyai banyak persediaan makanan. namun perlahan-lahan persediaan itu habis digerogoti oleh *tikuss yang gemuk tapi masih saja selalu lapar. para penghuni rumah takut dengan tikuss itu meskipun mereka sendiri tau bahwa yang tikuss itu makan ialah cadangan persediaan makan mereka entah untuk berapa abad ke depan. Mereka membeli kucing besar dengan harapan agar kucing tersebut mampu membasmi tikuss kotor. tapi kenyatannya lain, kucing itu ogah-ogahan untuk bekerja, kucing itu asik terlelap di atas teras rumah. penghuni rumah merasa janggal dengan peristiwa tersebut. selidik punya selidik, kucing bodoh itu ternyata sering mendapat makanan pemberian sang tikuss jahanam itu.."aah..apalah gunanya saya mengeluarkan uang untuk membeli kucing itu..lebih baik saya membeli makanan untuk anggota keluarga saya.."gerutu sang pemilik rumah.. sampai saat ini ketika saya keluar dari rumah itu.binatang pengerat itu masih belum bisa dibasmi. malah terus berkembang biak. saya muak...saya jijik melihat tikuss! Rumah Kedua ketika pertama kali saya menginjakan kaki di rumah ini saya kagum. meskipun rumah ini tak terlalu besar, namun kesejahteraan para anggota keluarganya terjamin. bahan mentah yang mereka mampu hasilkan untuk membuat sebuah masakan rumah terbilang sangat sedikit tapi mereka mampu membeli makanan-makanan jadi dari tempat lain..mereka kaya..itu yang pertama saya tangkap.
saya bertanya kepada mereka tentang binatang-binatang kotor yang hidup di dalam rumah ini. mereka tidak menafikan bahwa ada juga binatang yang hidup dalam rumah tersebut, namun yang hidup hanyalah cucurut atau sejenisnya..tak lebih..anggota rumah ini berani untuk membunuh cucurut yang sedang akan tumbuh dan berkembang. saya juga mendapati mereka memiliki seekor kucing untuk memburu dan membunuh binatang kotor tersebut. kucing tersebut bisa bekerja sebagaimana mestinya. kucing itu hanya memakan apa yang diberikan oleh majikannya dan tidak menerima makanan yang diberikan oleh tikus-tikus kecil..lagi-lagi saya terkesima.. namun disisi lain saya merasakan ada jarak yang cukup jauh antara penghuni rumah. mereka terkesan acuh tak acuh dengan penghuni rumah yang lain. persatuan yang saya rasakan di rumah sebelumnya terasa sangat hambar di rumah ini. juga peraturan di rumah yang terlalu mengekang membuat kreatifitas rumah ini sangat minim. plagiator bertebaran dan anehnya mereka tidak malu menyandang predikat sebagai plagiat busuk. selain itu di rumah ini juga kadang saya merasa sakit hati atas perlakuan orang rumah terhadap saudara saya yang juga berasal dari rumah saya sebelumnya. mereka datang kesini untuk bekerja, mereka datang kesini untuk mendapatkan sepiring makanan yang susah untuk mereka dapatkan di rumah mereka sendiri, mereka mempunyai hak yang sama untuk waras namun rumah ini merunggut hak mereka sepenuhnya. saya tidak bisa berbuat banyak, saya juga hanyalah seorang penumpang di rumah ini sama seperti mereka, saya tidak mempunyai cukup kekuatan untuk mengubah.
sebentar lagi saya akan menjalani kehidupan saya sendiri.. dimanakah saya harus tinggal? yang saya cari bukanlah sekeping kesempurnaan.. tapi seonggok kenyamanan dan secuil kesejahteraan..
Aricko 1018am020508
ps:tikuss itu bukan kesalahan penulisan..hanya menunjukan bilangan jamak..
**saya tidak pandai berolahraga namun saya bisa semua olahraga**

5 comments:

azzam said...

asik bung riko ! :) di tunggu karya karya selanjut nya . heheh

F R I S K A said...

gmn kalo kita bikn rmh baru aj ko?
yg jago mengerat jgn diterima bwt tinggal.
ntar lo yg disain benderanya.
hehehe..

Aricko Khena Kaban said...

sempet kepikiran juga sih fris..tapi sekarang harga semen ma bata aja udah naik..jadi mungkin gw tunda dulu sampai 1usd=rp1...hehehe..

Unknown said...

mau tuker nama???
diary ajah.. hahahah..

eh, ko.. blom slesai???
i might need ur help ntar buat s2 aku..
emm..
this may.. i wud b there..
but not confirm yet :)

*masi igt aku kaaan??*

Unknown said...

eh, entri ini mirip d sm entri tmn aku ko..
koq bisa yaaa???